Wednesday, April 10, 2013

3 Jenis Mahasiswa

Bismillah.

sedikit catatan tentang beberapa jenis mahasiswa :)

pengantar : catatan ini bukan hasil penelitian ilmiah, hanya hasil pengalaman penulis yang mungkin terbatas dalam mengenal teman-teman kampusnya. Maka, harap maklum jika menemukan kalimat-kalimat yang tidak sesuai EYD. tapi, disamping itu semua ane berharap catatan ini ada manfaatnya.

Dalam dunia "kemahasiswaan" yang ada dalam benak saya, mahasiswa itu bisa saya bagi menjadi TIGA golongan. Golongan pertama, yakni mahasiswa yang anti mainstream.
mengapa ane berkata begitu, karena golongan ini biasanya susah ditemui di kuliah-kuliah formal yang gaji dosennya disubsidi oleh pemerintah. menurut mereka, ilmu itu didapat tidak hanya dalam ruang sempit perkuliahan, sehingga "mungkin" baginya tak begitu "penting" menghadiri kuliah formal. golongan ini "biasanya" sehari-hari dapat ditemui di sekretariat himpunan jurusan, sedang tidur, dengar musik, berdiskusi memikirkan himpunan atau berdiskusi tentang mata kuliah jurusan, buat spanduk kegiatan himpunan, begadang sambil nyanyi pake gitar, atau membaca buku "tua" karya "penulis tua" yang katanya karyanya adalah sumber ilmu pengetahuan. buku-buku filosofis, buku-buku pemikiran revolutif, dan sejenisnya. tapi tidak jarang juga ane menjumpai teman mahasiswa anti mainstream ini membaca buku2 yang sesuai dengan jurusan yang digelutinya. kemunculan mahasiswa ini di kelas bisa kita tebak! yakni saat ujian final! hebat! (awalnya ane kira jenis mahasiswa seperti ini ga mentingin nilai ijazah, eh ternyata... -,-").

lanjut, golongan kedua. yakni mahasiswa yang mainstream. ane sebut begitu, karena golongan ini sangat banyak diminati dan kebanyakan mahasiswa mengikuti jalur ini. sehari-hari kerjanya datang ke kampus, duduk "anak sholeh", dengar/mencatat materi (dan sesekali menjelaskan tugas makalahnya), setelah kuliah selesai langsung pulang. mahasiswa seperti ini tidak begitu peduli dengan urusan organisasi kemahasiswaan. yang penting hadir dan tanda tangan absen. biasanya sih seringkali menghabiskan waktunya dengan "having fun" di luar. belajar hanya ketika esoknya akan menghadapi final dengan sistem kebut semalam. ketika tiba waktu final, duduk di belakang menunggu kesempatan untuk "googling" atau membuka catatan.

kemudian golongan ketiga, mahasiswa ini ane sebut golongan mainstream yang anti mainstream (sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah). golongan ini punya aktivitas yang cukup padat, karena mereka sibuk di dua dunia, yakni dunia mainstream dan dunia anti mainstream. sehari-hari mereka menghadiri kuliah-kuliah formal, duduk anak sholeh, menyimak dan mencatat penjelasan dosen dan juga sesekali presentasi tugas makalah. akan tetapi, setelah kuliah langsung bekerja untuk kemajuan organisasi kemahasiswaan. hari-harinya biasa diisi dengan begadang kerja tugas atau berdiskusi memikirkan konsep terbaik untuk menyukseskan kerja-kerja himpunan. tidak jarang juga mahasiswa jenis ini belajar dengan sistem kebut semalam ketika esoknya ujian final. akan tetapi, ketika menghadapi ujian final, mahasiswa ini dengan percaya diri menjawab soal-soal. mahasiswa ini "biasanya" disukai dosen dan berhasil meraih nilai-nilai yang baik (tp tidak jarang juga kena apes dengan dapat nilai D atau E jika dosennya menilai secara subjektif).

dari keTIGA golongan di atas, mungkin bisa-lah kita kira-kira dengan menggunakan akal kita tentang bagaimana peluang sukses mereka di masa depan. mungkin diantara pembaca ada yang tidak termasuk ke dalam golongan ini, atau juga ada yang merangkap menjadi golongan kedua+ketiga atau tidak konsisten dengan satu golongan dan sering berpindah ke golongan yang lain. itu semua adalah pilihan. akan tetapi, adalah bijak jika kita mampu memilih yang terbaik yang mampu menyukseskan kita dunia akhirat. :)

anda termasuk golongan mana? atau memilih yang mana? :)

mungkin itu sedikit catatan tentang TIGA jenis mahasiswa menurut pandangan ane. mungkin ada yang berpendapat bahwa masih ada jenis mahasiswa golongan keempat, kelima, dst. tapi ane hanya mau nulis TIGA jenis. silahkan para pembaca nambahin sendiri. hehehe...

SEMOGA BERMANFAAT. WASSALAAM! ;)

by @mad_nadi

No comments:

Post a Comment