Sunday, January 4, 2009

Tips Menulis - Menulis Sejak Kecil

Belajar menulis sejak dini sangat bagus untuk perkembangan anak, tidak peduli berapa usia mereka, dan berada di tingkat berapa mereka di sekolah. Pengaruh orang tua, guru, atau penyedia penitipan anak sangat besar terhadap perkembangan anak. Olehnya itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi anak Anda agar berminat untuk menulis.

Masa sekolah merupakan fase penting dimana anak sebaiknya melakukan banyak hal positif untuk perkembangan mereka, termasuk hal positif yakni menulis. Apapun bidang yang akan anak anda tekuni nantinya di masa kuliah, mereka pasti tetap akan dituntut untuk bisa menulis.

Essai, laporan, tes, proposal , skripsi, dan yang lainnya pasti membutuhkan keterampilan menulis yang lebih baik lagi. Disisi lain, jika keterampilan menulis seseorang meningkat,  tentunya akan ada keuntungan tersendiri yang akan di dapat oleh orang tersebut. Salah satu cara yang bagus dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan menulis yakni dengan belajar menulis jurnal atau menulis sebagai bentuk pengekspresian diri.

Adapun beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika membimbing anak anda agar tertarik untuk mengembangkan keterampilan menulisnya yaitu :


>Biarkan mereka menulis sesuka mereka tanpa harus berfikir untuk memperbaiki struktur kalimatnya.

>Arahkan mereka untuk menulis bagaimana perasaan mereka saat ini, secara bebas tanpa paksaan, apapun perasaan mereka.

>Tanyakan kepada mereka tentang kisah atau dongeng favorit mereka, kemudian arahkan anak anda untuk menceritakan kembali kisah atau dongeng favorit mereka tersebut  ke dalam tulisan.

>Arahkan mereka agar bisa mengerti dengan sendiri dasar-dasar dari teknik menulis.

>Biarkan mereka menulis sesuai kreatifitas mereka, jangan terlalu mempermaslahkan kesalahan dalam hal ejaan dan tata bahasa.

Inilah beberapa tips yang dapat anda gunakan ketika membimbing anak anda belajar menulis. . Jika anda terus memotivasi anak anda di usia dini untuk senang menulis, maka hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk tampil sebagai penulis handal di masa depan mereka. Bahkan meskipun anak anda tidak menjadikan penulis sebagai profesi utama mereka, mereka akan tetap percaya diri untuk menulis apapun ketika mereka membutuhkannya. Dan andapun akan menjadi orang yang telah membuat perubahan besar dalam kehidupan anak anda selamanya.

HALAMAN UTAMA

No comments:

Post a Comment